--> Skip to main content
Menu

Pengertian Organisasi Internasional

Pengertian Organisasi InternasionalOrganisasi Internasional adalah/ Organisasi Internasional yaitu/ Organisasi Internasional merupakan/ yang dimaksud Organisasi Internasional/ arti Organisasi Internasional/ definisi Organisasi Internasional.
yang dimaksud Organisasi Internasional

Organisasi Internasional adalah suatu struktur formal dan berkelanjutan yang dibentuk atas suatu kesepakatan antara anggota-anggota (pemerintah dan nonpemerintah) dari dua atau lebih negara berdaulat dengan suatu tujuan tertentu yang hendak dicapai bersama para anggotanya.
Organisasi internasional dapat dibedakan menjadi dua, yaitu organisasi internasional yang anggotanya merupakan delegensi resmi pemerintah negara-negara atau disebut dengan istilah organisasi antarpemerintah (Inter-Govermental Organization/ IGO)  dan organisasi internasional yang anggotanya terdiri atas kelompok-kelompok swasta di bidang keagamaan, keilmuan, kebudayaan, teknik, bantuan atau ekonomi, dan sebagainya atau yang disebut dengan istilah organisasi nonpemerintah (Non-Govermental Organization/ NGO).
Organisasi internasional merupakan salah ssatu subjek hukum yang memiliki hak dan kewajiban dalam pergaulan internasional. Pengakuan bahwa organisasi internasional merupakan bagian dari subjek hukum internasional bersumber pada advisory opinion Mahkamah Internasional mengenai status PBB.