--> Skip to main content
Menu

Pengertian Simbiosis mutualisme

Pengertian Simbiosis mutualismeSimbiosis mutualisme adalah/ Simbiosis mutualisme yaitu/ Simbiosis mutualisme merupakan/ yang dimaksud Simbiosis mutualisme/ arti Simbiosis mutualisme/ definisi Simbiosis mutualisme.

Simbiosis mutualisme adalah hidup bersama antara dua makhluk hidup yang keduanya saling diuntungkan. Beberapa spesies dapat hidup tanpa organisme partner mutualismenya. Hubungan seperti ini disebut dengan mutualisme fakultatif. Berbeda lagi dengan mutualisme obligatif, yaitu hubungan yang terjadi antara kedua jenis organisme yang hanya dapat hidup dengan bermutualisme. Contoh simbiosis mutualisme sebagai berikut.
- Simbiosis antara bunga dan lebah. Lebah mendapatkan madu sebagai makanannya, sedangkan bunga terbantu penyerbukannya oleh lebah. Pada saat mengisap madu, benang sari akan terbawa oleh lebah sehingga pada saat lebah menghisap madu bunga lain, benang sari yang terbawa tadi akan menempel di kepala putik bunga lain sehingga terjadilah penyerbukan.
- Simbiosis antara jamur dan ganggang. Ganggang memiliki klorofil untuk melakukan fotosintesis sehingga menghasilkan energi atau makanan yang dibutuhkan oleh jamur. Pada proses fotosintesis diperlukan air dari dalam tanah. Untuk memperolehnya, dibantu oleh jamur yang memiliki rizoid (bukan akar sejati). Tanpa air, tidak akan terjadi fotosintesis dan tanpa klorofil juga tidak akan terjadi fotosintesis. Dapat dikatakan bahwa antara jamur dan ganggang saling diuntungkan.
- Simbiosis antara badak dan burung jalak. Burung jalak akan memakan kutu yang terdapat pada kulit badak sehingga badak terhindar dari rasa gatal yang disebabkan oleh kutu tersebut, sedangkan burung jalak juga diuntungkan karena dapat memperoleh makanan dengan memakan kutu tersebut.
- Simbiosis antara kacang tanah dan bakteri Rhizobium. Bakteri Rhizobium dapat mengikat nitrogen dari udara yang kemudian dimanfaatkan oleh tanaman kacang tanah, sedangkan bakteri terlindungi serta mendapatkan air dan nutrisi dari bintil-bintil akar kacang tanah.
Cukup jelas kan penjelasan tentang pengertian simbiosis mutualisme di atas, semoga dapat membantu anda.