--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Pengertian Pancasila sebagai Jiwa Bangsa IndonesiaPancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia adalah/ Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia yaitu/ Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia merupakan/ yang dimaksud Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia/ arti Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia/ definisi Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia.
yang dimaksud Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Menurut Friedrich Carl von Savigny, setiap bangsa mempunyai jiwa masing-masing yang disebut vulgeist (jiwa rakyat atau jiwa bangsa). Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia itu sendiri. Menurut A.G. Pringgodigdo, Pancasila telah ada sejak adanya bangsa Indonesia karena Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia dan tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia, serta merupakan ciri khas yang dapat membedakan bangsa Indonesia dari bangsa yang lain.

Demikianlah apa yang dimaksud Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia, semoga apa yang saya jelaskan di atas bisa menambah pengetahuan kita.