--> Skip to main content
Menu

Pengertian Bioma Hutan hujan tropis

Pengertian Bioma Hutan hujan tropisBioma Hutan hujan tropis adalah/ Bioma Hutan hujan tropis yaitu/ Bioma Hutan hujan tropis merupakan/ yang dimaksud Bioma Hutan hujan tropis/ arti Bioma Hutan hujan tropis/ definisi Bioma Hutan hujan tropis.
Bioma Hutan hujan tropis adalah

Hutan hujan tropis merupakan bioma yang memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan dan hewan yang paling tinggi. Bioma hutan hujan tropis sangat mudah dikenali melalui massa tumbuhan yang sangat besar dan selalu hijau sepanjang tahun. Bioma ini terdapat di wilayah khatulistiwa dengan temperatur yang tinggi sekitar 25 derajat celcius. Ciri-ciri bioma hutan hujan tropis sebagai berikut.
Ciri-ciri bioma hutan hujan tropis adalah sebagai berikut.
- Curah hujan bioma hutan hujan tropis cukup tinggi, yaitu lebih dari 2.000 mm per tahun.
- Matahari bersinar sepanjang tahun.
- Amplitudo temperatur tahunan relatif kecil.
- Tumbuhannya tinggi dan rimbun membentuk tudung yang menyebabkan dasar hutan menjadi gelap dan basah.
- Tumbuhan khas, yaitu liana dan epifit. Liana adalah tumbuhan yang menjalar di permukaan hutan, contohnya rotan. Epifit adalah tumbuhan yang menempel pada batang-batang pohon, tetapi tidak merugikan pohon tersebut, contohnya anggrek.
- Vegetasinya didominasi oleh tumbuhan yang aktif melakukan fotosintesis, misalnya damar, meranti, dan keruing.
- Hewannya sangat beraneka ragam. Di daerah tudung yang cukup sinar matahari, pada siang hari hidup hewan-hewan yang bersifat diurnal, yaitu hewan yang aktif pada siang hari. Adapun di daerah kanopi dan daerah dasar, hidup hewan-hewan yang bersifat nokturnal, yaitu hewan yang aktif pada malam hari, misalnya burung hantu, babi hutan, kucing hutan, dan macan tutul.
Hutan hujan tropis memiliki komposisi serangga paling beragam dibandingkan bioma lainny, bahkan satu pohon di hutan hujan tropis dapat dipenuhi oleh bermacam-macam spesies serangga.
Contoh bioma hutan hujan tropis adalah hutan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua, dan Brasil. Di Indonesia, hutan hujan tropis banyak dijumpai di Sumatra dan Kalimantan. Lihat juga penjelasan tentang Pengertian Bioma padang rumput.