--> Skip to main content
Menu

Pengertian Biaya tetap

Pengertian Biaya tetapBiaya tetap adalah/ Biaya tetap yaitu/ Biaya tetap merupakan/ yang dimaksud Biaya tetap/ arti Biaya tetap/ definisi Biaya tetap.
Biaya tetap yaitu

Biaya tetap merupakan jenis biaya yang bersifat statis (tidak berubah) dalam ukuran tertentu. Biaya ini akan tetap kita keluarkan meskipun kita tidak melakukan aktivitas apapun atau bahkan ketika kita melakukan aktivitas yang sangat banyak sekalipun. Dalam proses produksi, biaya tetap akan selalu kita bayarkan atau keluarakan tanpa menghitung berapa banyak produksi yang kita lakukan, baik ketika tidak produksi atau sebalinya saat produksi dilakukan dalam kapasitas maksimal. Jadi dengan kata lain, secara total biaya ini akan selalu sama, tidak terpengaruh oleh jumlah unit yang diproduksi atau jumlah aktivitas yang dilakukan. Bagaimana jika dihitung per unit produk yang dihasilkan atau per aktivitas yang dilakukan? Biaya tetap dan unit yang diproduksi atau aktivitas yang dilakukan memiliki hubungan yang baik. Hubungan terbaik ini maksudnya adalah semakin banyak unit yang kita produksi atau semakin banyak aktivitas yang kita lakukan maka biaya tetap per unit atau peraktivitas yang kita lakukan semakin kecil jumlahnya.
Contoh biaya tetap adalah:
Jika dihubungkan dengan aktivitas produksi, kita mengambil contoh sebuah gudang yang disewa untuk lokasi pabrik dengan biaya sewa Rp. 100.000.000 per tahun. Pada tahun awal, ketika produksi belum dimulai, kita mengeluarkan biaya sewa sejumlah Rp. 100 juta per tahun. Ketika mulai berproduksi, kita tetap membayar jumlah yang sama. Bahkan ketika jumlah produksi semakin banyak, julah sewa pabrik yang kita bayarkan masih sama. Skema biaya tetap produksi dapat dilihat sebagai berikut.
Contoh perhitungan Biaya Tetap yaitu:

Biaya Sewa per Tahun
Jumlah Unit yang Diprosuksi
Biaya sewa gudang per unit
Rp. 100.000.000
200
Rp. 500.000
Rp. 100.000.000
500
Rp. 200.000
Rp. 100.000.000
2500
Rp.   40.000

Itulah penjelasan dari kami tentang apa yang dimaksud biaya tetap, semoga penjelasan di atas bisa membantu anda.