--> Skip to main content
Menu

Pengertian LAN (Local area network)

Pengertian LAN (Local area network)LAN (Local area network) adalah/ LAN (Local area network) yaitu/ LAN (Local area network) merupakan/ yang dimaksud LAN (Local area network)/ arti LAN (Local area network)/ definisi LAN (Local area network).
LAN (Local area network) adalah

Jaringan wilayah lokal atau LAN (Local area network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah, atau yang lebih kecil. Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3/Ethernet yang menggunakan perangkat switch. Perangkat switch mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (Wi-Fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-Fi disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri dikarenakan berbeda dengan bentuk konsep dump pada terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna lain menggunakan aplikasi yang sesuai.  Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut.
a. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi.
b. Meliputi wilayah geografis yang lebih sempit.
c. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Biasanya slah satu komputer diantara jaringan LAN digunakan sebagai server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. Di samping karakteristik tersebut, LAN juga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
a. Bekerja di area geografis yang terbatas.
b. Dapat digunakan multi-access hingga high bandwith media.
c. Administrasi dilakukan melalui administrator lokal.
d. Memiliki pusat terminal (switch/ hub).
Itulah yang dimaksud yang dimaksud LAN (Local area network), semoga penjelasan tersebut bisa memberikan manfaat.