--> Skip to main content
Menu

Pengertian Energi potensial

Pengertian Energi potensialEnergi potensial adalah/ Energi potensial yaitu/ Energi potensial merupakan/ yang dimaksud Energi potensial/ arti Energi potensial/ definisi Energi potensial.
Energi potensial adalah

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda karena ketinggian/ kedudukan terhadap titik acuan. Energi ini tersembunyi di dalam benda, tetapi jika diberi kesempatan, energi ini dapat dimanfaatkan. Sebagian energi listrik termasuk energi potensial. Contohnya, elektron-elektron yang berada dalam suatu medan listrik memiliki energi potensial. Elektron-elektron tersebut bergerak dari titik yang memiliki energi potensial rendah ke titik yang memiliki energi potensial tinggi.

a. Energi potensial gravitasi
Sebuah benda massanya m berada pada ketinggian h dari lantai yang mendatar, jika percepatan gravitasi g, maka besarnya energi potensial dapat dirumuskan sebagai berikut.
Ep= mgh
Keterangan:
Ep= energi potensial (J)
m= massa benda (kg)
h= ketinggian benda (m)

Sebuah benda massanya m yang mula-mula berada pada ketinggian h1 dari latai mendatar, kemudian setelah t detik, benda berada pada ketinggian h2 dari permukaan. Hubungan antara usaha dan energipotensial dapat ditulis sebagai berikut.

W= Ep = mg (h2-h1)

b. Energi potensial listrik

Keterangan:
Ep= energi potensial listrik (J)
k= konstanta Coulomb (9 x 109 Nm2/C2)
r= jarak antara muatan 1 dan muatan 2 (m)
q1,q2= muatan listrik (C)

Itulah penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian energi potensial, semoga informasi yang saya sapaikan diatas dapat bermanfaat.