--> Skip to main content
Menu

Pengertian Opportunity cost/ biaya peluang

Pengertian Opportunity costOpportunity cost adalah/ Opportunity cost yaitu/ Opportunity cost merupakan/ yang dimaksud Opportunity cost/ Arti Opportunity cost/ Definisi Opportunity cost.
Opportunity cost

Opportunity cost/ biaya peluang/ biaya kesempatan / ongkos alternatif diartikan sebagai berikut:
a. Biaya opportunitas adalah biaya yang dikorbankan untuk menggunakan sumber daya bagi tujuan tertentu, yang diukur dengan manfaat yang dilepasnya karena tidak digunakan untuk tujuan lain. Dengan kata lain, diukur dengan satuan barang yang seharusnya bisa diperoleh.
b. Biaya peluang/ biaya kesempatan / ongkos alternatif (opportunity cost) adalah sejumlah barang atau pendapatan yang harus dikorbankan agar sejumlah barang yang lain dapat diproduksi/ digunakan. Jadi, ongkos alternatif sejumlah barang X adalah sejumlah barang Y yang harus dikorbankan agar jumlah barang X dapat diproduksi.
c. Biaya peluang (Opportunity cost) adalah biaya yang timbul akibat memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa alternatif yang tersedia. Ketika seseorang diharapkan pada beberapa alternatif pilihan dan harus memilih salah satu diantaranya, maka alternatif yang tidak dipilih itulah yang menjadi biaya peluang.
Contoh penerapan biaya peluang.
Norman ditawari untuk bekerja di suatu perusahaan dengan gaji Rp.1.500.000,00 per bulan. Akan tetapi, di sisi lain Norman memiliki kemampuan secara skill dan modal untuk melakukan produksi suatu barang dengan peluang mendapatkan Rp.5.000.000,00 per bulan, tetapi setelah melalui proses produksi dan promosi selama 5 bulan.
Dari ilustrasi diatas, kemungkinan yang bisa terjadi di antaranya jika Norman lebih memilih mengambil peluang untuk melakukan produksi sendiri, maka dia telah kehilangan peluang untuk bekerja pada orang lain dengan gaji Rp.1.500.000,00 selama 5 bulan, itulah yang dimaksud dengan biaya peluang. Jadi besarnya biaya peluang dibagi Norman selama 5 bulan adalah 5 x Rp. 1.500.000,00 = Rp.7.500.000,00
Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian Opportunity cost/ biaya peluang, mudah-mudahan bermanfaat.