--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kebutuhan Primer

Pengertian Kebutuhan Primerkebutuhan Primer adalah/ kebutuhan Primer yaitu/ kebutuhan Primer merupakan/ yang dimaksud kebutuhan Primer/ arti kebutuhan Primer/ definisi kebutuhan Primer.
Kebutuhan Primer adalah

Pengertian kebutuhan primer dan contohnya – Apa itu kebutuha primer? Pembahasan mengenai kebutuhan primer biasanya dijumpai dalam pelajaran Ekonomi.  Biasanya materi ini dipelajari di semester awal. Materi tentang kebutuhan primer ini menjadi sangat penting karena ada kaitannya dengan manusia yaitu tentang hal-hal yang menjadi kebutuhan manusia. Sebagai mana yang diketahui bahwa manusia mempunyai kebutuhan yang dipenuhi untuk menjalani kehidupannya. Salah satu kebutuhan mansusia yang perlu di penuhi yaitu kebutuhan primer atau disebut juga kebutuhan pokok. Berikut inilah uraian tentang pengertian kebutuhan primer dan contohnya, silahkan dibaca.

Pengertian Kebutuhan Primer

Pada teori tentang kebutuhan, terdapat satu jenis kebutuhan maunisa yang sifatnya mendesak dan pokok. Kebutuhan itulah yang dianamakan dengan kebutuhan primer. Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang wajib dipenuhi dan tidak bisa ditawar. Kebutuhan primer merupakan suatu tuntutan alamiah yang harus dipenuhi, sehingga manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika kebutuhan primer tidak terpenuhi maka manusia akan mengalami kesulitan. Karena itulah kebutuhan ini juga disebut sebagai kebutuhan dasar manusia.
Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi demi kelangsungan hidup manusia. Pemenuhan kebutuhan primer tidak dapat ditangguhkan

Contoh Kebutuhan Primer

Contoh kebutuhan primer adalah kebutuhan makanan dan minuman, kebutuhan tempat tinggal dan kebututuhan pakaian, pendidikan dan kesehatan.
Pengertian Kebutuhan Primer

- Kebutuhan makanan dan minuman
Makan dan minum merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup. Demikian juga manusia pasti membutuhkan makan dan minum untuk menjalankan kelangsungan kehidupannya. Jika kebutuhan makan tidak terpenuhi, maka manusia akan terancam kelangsungan hidupnya.
- Kebutuhan Pakaian
Bagi manusia pakaian mempunyai banyak manfaat. Pakaian dijadikan manusia untuk menutupi tubuhnya, melindungi tubuhnya, menjaga kesetabilan suhu tubuh dan juga memperindah penampilan manusia yang memakai pakaian.
- Kebutuhan tempat tinggal
Bagi manusia, tempat tinggal akan membuat manusia terlindungi dari sengatan matahari, hujan, angin, hewan, dan bahaya lainnya. Selain ketiga kebutuhan tersebut, dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), maka kebutuhan primer bertambah dengan adanya kebutuhan pendidikan dan kesehatan.
Seiring dengan perkembangan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi), maka kebutuhan primer bertambah dengan kebutuhan pendidikan dan kebutuhan kesehatan.
Itulah Pengertian Kebutuhan Primer dan Contohnya semoga mudah dipahami.