--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pemecahan masalah

Pengertian Pemecahan masalah – Pemecahan masalah adalah/ Pemecahan masalah yaitu/ Pemecahan masalah merupakan/ yang dimaksud Pemecahan masalah/ arti Pemecahan masalah/ definisi Pemecahan masalah.
Pemecahan masalah adalah

Pemecahan masalah merupakan kegiatan yang sangat penting dalam usaha atau bisnis. Seorang wirausaha harus mempunyai keterampilan dalam pemecahan masalah yang biasanya timbul dalam menjalankan kegiatan usaha yang sedang berjalan. Keterampilan wirausahawan dalam memecahkan masalah dalam usaha/ bisnis akan membawa kemajuan yang diharapkan bersama. Pemecahan masalah dan cara penyelesaiannya dalam usaha/ bisnis, sebenarnya tidak terlalu sulit jika wirausahawan sudah banyak berpengalaman dalam lingkungan usaha/ bisnis, yang terpenting, wirausahawan harus dapat memandang sebuah permasalahan dengan berbagai sudut pandang dan mencari cara untuk memecahkan masalah.
Untuk memecahkan permasalahan, terdapat teknik-teknik yang dapat diguanakan seperti berikut:
a. Metode diskusi
Merupakan teknik pemecahan masalah yang terjadi dalam kelompok dan harus diambil keputusan atau alternative pemecahan masalahnya. Permasalahan tersebut dipecahkan dengan musyawarah atau jika tidak terjadi kesepakatan dapat ditempuh dengan jalan voting.
b. Brain Storming (Curah Pendapat)
Merupakan teknik pemecahan masalah secara kelompok dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anggota kelompok untuk menyampaikan pendapat secara bebas dalam membahas suatu masalah, yang perlu diperhatikan dalam teknik ini, yaitu jangan ada usaha mengevaluasi gagasan selama proses curah ide berlangsung.
c. Brain Writing
Brain writing merupakan teknik pemecahan masalah dengan menyampaikan ide atau pendapat melelui tulisan di atas potongan kertas/ metaplan. Keuntungan metode ini adalah setiap orang dapat menyampaikan pendapatnya.
d. Synectic
Synetic merupakan teknik pemecahan masalah dengan menekankan aktivitas spontan dari otak dan sistem saraf dalam mengadakan eksplorasi dan transformasi permasalahan.
Demikian penjelasan dari Pengertian Pemecahan masalah semoga dapat membantu anda.