--> Skip to main content
Menu

Pengertian Molekul

Pengertian MolekulMolekul adalah/ Molekul yaitu/ Molekul merupakan/ yang dimaksud Molekul/ arti Molekul/ definisi Molekul.
Molekul yaitu

Molekul merupakan gabungan dari atom-atom melalui reaksi kimia. Atom atom yang saling bergabung ini dapat berupa atom-atom sejenis atau yang berlainan jenisnya. Berdasarkan jenis atom yang menyusunnya, molekul dibedakan menjadi molekul unsur dan melekul senyawa.
Molekul unsur terbentuk dari atom-atom unsure sejenis, sedangkan molekul senyawa terbentuk dari atom-atom yang berbeda jenisnya. Baik molekul unsure maupun molekul senyawa keduanya dapat terdiri atas 2, 3, 4 atau lebih atom. Molekul yang terdiri atas dua atom disebut molekul diatomik, molekul yang terdiri atas tiga atom disebut molekul triatomik, dan molekul yang terdiri atas yang lebih dari tiga atom disebut molekul poliatomik.
Beberapa contoh molekul unsure dan molekul senyawa sebagai berikut:
1. Molekul unsure.
a. Molekul diatomik, contohnya molekul gas oksigen (terdiri atas dua atom oksigen) dan molekul gas hydrogen (terdiri atas dua atom hydrogen).
b. Molekul triatomik, contohnya molekul ozon (terdiri atas tiga atom oksigen).
c. Molekul poliatomik, contohnya molekul fosfor (terdiri atas empat atom fosfor) dan molekul belerang (terdiri atas delapan atom belerang).
2. Molekul Senyawa.
a. Molekul diatomic, contohnya molekul gas karbon monoksida (terdiri atas satu atom karbon dan satu atom oksigen) dan molekul hydrogen klorida (terdiri atas satu atom hydrogen dan satu atom klorin).
b. Molekul triatomik, contohnya molekul air (terdiri atas dua atom hydrogen dan satu oksigen) dan molekul karbon dioksida (terdiri atas dua atom oksigen dan satu atom karbon).
c. Molekul Poliatomik, contohnya molekul alcohol (terdiri atas dua atom karbon, enam atom hydrogen, dan satu atom oksigen), molekul gula (terdiri atas dua belas atom karbon, dua puluh dua atom hydrogen, dan sebelas atom atom oksigen), dan molekul asam sulfat (terdiri atas dua atom hydrogen, satu atom sulfur, dan empat atom oksigen).
Demikian penjelasan tentang Pengertian Molekul semoga mudah dimengerti.