--> Skip to main content
Menu

Pengertian Ekologi, Ruang Lingkup, Manfaat, & Jenis Ekologi

Pengertian ekologi - Dalam pelajaran biologi ada yang namanya ekologi. Tahukah kamu apa itu ekologi? Bagi kamu yang pernah mendapatkan materi tersebut tentunya sudah tahu. Namun bagi kamu yang lupa atau belum dapat materi tersebut, mungkin masih bingung dengan apa yang dimaksud ekologi. Maka dari itu kamu bisa mempelajari definisi ekologi di sini. Selain membahas tentang arti ekologi, di sini juga kami bahas tentang ruang lingkup, aspek, prinsip, manfaat, dan jenis ekologi. Tentunya pembahasan tersebut bertujuan agar bisa menambah pemahaman tentang ekologi.

Pengertian Ekologi

Pengertian Ekologi

Pengertian ekologi secara umum adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara suatu organisme dengan lingkungan hidupnya. Ekologi berasal dari bahasa yunani yaitu oikos dan logos. Kata “oikos” artinya rumah atau tempat hidup dan “logos” artinya adalah ilmu. Jadi pengertian ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi di antara makhluk-makhluk di rumahnya, di tempat tinggalnya, di alamnya atau di lingkungan hidupnya.

Dapat pula dijelaskan bahwa definisi ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi di antara makhluk-makhluk hidup, maupun interaksi di antara makhluk-makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekologi merupakan studi tentang interaksi antara organism, tumbuhan dan hewan dengan lingkungannya. Pengamatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan prinsip-prinsip yang terkandung dalam hubungan timbal balik.

Untuk memahami batas-batas ruang lingkup ekologi dalam bidang induknya, biologi perlu ditinjau tingkat organisasi dari sistem biologinya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian ekologi menurut beberapa ahli. Adapun definisi ekologi menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Ekologi Menurut Krebs

C. J. Krebs pada ahun 1972, menyebutkan bahwa pengertian dari ekologi ialah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari interaksi yang menentukan distribusi dan kelimpahan organisme.

Pengertian Ekologi Menurut Webster

Ekologi adalah cabang biologi yang berhubungan dengan hubungan antara organisme hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, hubungan antara distribusi kelompok manusia dengan mengacu pada sumber daya material, dan konsekuensi sosial dan budaya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ruang Lingkup Ekologi

Ekologi secara umum mempelajari tentang interaksi organisme dengan lingkungan hidupnya. Pada dasarnya ruang lingkup ekologi terbatas pada beberapa hal diantaranya yaitu individu, populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer. Adapun penjelasan tentang ruang lingkup ekologi adalah sebagai berikut ini:

1. Individu

Individu adalah satuan organisme dari setiap spesies atau jenis tertenu pada suatu lingkungan. Contoh individu adalah seorang manusia, seekor burung, seekor gajah, seekor ikan dan lain sebagainya.

2. Populasi

Populasi adalah suatu kelompok individu yang sejenis dan berada pada suatu tempat pada waktu tertentu. Contoh populasi adalah populasi manusia, populasi rumput, populasi burung dan lain sebagainya.

3. Komunitas

Komunitas adalah suatu kelompok makhluk hidup yang terdiri dari beberapa populasi yang saling berinteraksi antara satu dengan yang lain di suatu tempat pada waktu tertentu. Contoh komunitas adalah komunitas padang rumput, di mana di dalam komunitas padang rumput terdapat populasi rumput, populasi belalang, populasi ular, populasi burung dan lain-lain.

4. Ekosistem

Ekosistem adalah suatu kondisi terjadinya hubungan timbal balik yang saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Contoh ekosistem addalah ekosistem air laut dan ekosistem hutan.

5. Biosfer

Biosfer adalah tingkatan organisasi biologi paling besar yang didalamnya terdapat semua kehidupan yang ada di bumi dan terdapat interaksi secara keseluruhan antara lingkungan fisik.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Aspek Dan Prinsip Ekologi

Mengacu pada pengertian ekologi dan ruang lingkup ekologi untuk mempelajari interaksi makhluk hidup dan lingkungannya, ada beberapa aspek dan prinsip yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa aspek dan prinsip dalam ekologi:

Aspek Ekologi

Beberapa aspek ekologi adalah sebagai berikut ini:

  • Studi tentang interaksi organisme atau kelompok organisme dengan lingkungannya.
  • Studi tentang interaksi organisme atau kelompok organisme dengan lingkungannya.
  • Studi tentang struktur dan fungsi alam.

Prinsip Ekologi

Beberapa dari prinsip ekologi adalah sebagai berikut ini:

  • Terjadi interaksi (interaction).
  • Adanya saling ketergantungan (interdependence).
  • Ada keanekaragaman (diversity).
  • Ada keharmonisan (harmony).
  • Terdapat kemampuan yang berkelanjutan (sustainability).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Ekologi

Ekologi mempunyai banyak manfaat bagi manusia dan juga lingkungan hidup. Adapun beberapa dari manfaat ekologi adalah sebagai berikut:

- Mengenal Keanekaragaman Hayati

Adanya ekologi dapat memberikan manfaat bagi manusia dalam memahami berbagai makhluk hidup dan hubungannya dengan lingkungannya. Contohnya tentang bagaimana seekor pinguin bisa bertahan hidup di lingkungan yang suhunya dingin dan bagaimana seekor unta bisa bertahan hidup pada lingungan yang kering dan bersuhu tinggi.

- Mengenal Perilaku Makhluk Hidup

Ekologi bermanfaat bagi manusia dalam hal mengenal perilaku makhluk hidup dan hubungannya dengan lingkungan yang bermanfaat bagi manusia. Contohnya sistem sonar yang terdapat pada kapal selam, sistem sonar tersebut meniru indera dari hewan kelelawar dan lumba-lumba yang bisa membantu manusia untuk menentukan suatu lokasi atau target.

- Mengetahui Peran manusia Terhadap Lingkungan

Ekologi bisa membantu manusia dalam mengetahui dampak dari produk yang dihasilkan oleh manusia terhadap lingkungan. Contohnya produk DDT yang bertujuan untuk memberantas hama, ternyata bisa mencemari lingkungan manusia dan juga organisme lain.

- Pemetaan Konsumsi Pangan

Ekologi bermanfaat dalam pemetaan konsumsi pangan dan dapat mengetahui struktur serta skala pangan setiap makhluk hidup. Contohnya tumbuhan menjadi produsen dan heawan herbivora menjadi konsumen tingkat 1. Kemudian hewan karnivora menjadi konsumen tingkat 2 dan manusia menjadi konsumen tingkat 3. Lalu ada lagi hewan pengurai dan hasil pengurainya akan dikonsumsi kembali oleh produsen sebagai sumber energi.

- Solusi Pemecahan Masalah Pertanian

Ekologi dapat membantu dalam memecahkan berbagai macam masalah pertanian yang dihadapi oleh manusia. Contohnya untuk menjaga kesuburan tanah, seorang petani membutuhkan beberapa mikroba yang bisa menghasilkan nitrat dan ammonium.

- Solusi Pemecahan Masalah Energi

Ekologi dapat berguna untuk membantu manusia dalam memastikan adanya ketersediaan energi untuk menunjang kehidupannya. Contohnya penggunaan energi alternatif dari tenaga surya yang tujuannya untuk menghasilkan energi listrik.

- Solusi Pemecahan Masalah kesehatan

Ekologi dapat membantu manusia untuk memecahakan berbagai macam masalah kesehatan yang dihadapi. Contohnya, melalui ekologi manusia bisa mengetahui bahwa penyebab demam berdarah adalah dari nyamuk Aedes Aegypti, yang bisa diatasi dengan melakukan penanganan tertentu seperti menguras atau membuat genangan air menjadi bersih.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-Jenis Ekologi

Istilah ekologi pada dasarnya digunakan pada beberapa bidang kehidupan manusia. Mengacu pada pengertian ekologi, jenis jenis ekologi adalah sebagai berikut ini:

  • Ekologi manusia adalah cabang ekologi yang mempelajari keadaan lingkungan hidup manusia.
  • Ekologi hewan adalah cabang ekologi yang mempelajari tentang hewan sebagai organisme dengan mengabaikan manusia dan tumbuhan, dan memusatkan hewan itu sendiri sebagai sebagai fokusnya.
  • Ekologi tumbuhan adalah cabang ekologi yang mempelajari tentang tumbuhan sebagai organisme dengan mengabaikan manusia dan hewan, dan memusatkan tumbuhan itu sendiri sebagai fokusnya.
  • Ekologi habitat adalah cabang ekologi yang fokus dalam mempelajari tentang sifat dari suatu habitat.
  • Ekologi populasi adalah cabang ekologi yang fokus dalam mempelajari berbagai hubungan antar kelompok organisme, jumlah individu dan juga faktor penentu besarnya suatu populasi dan penyebarannya.
  • Ekologi bahasa adalah cabang ekologi yang mempelajari dan melakukan penyelidikan tentang hubungan antara bahasa dengan lingkungan manusia.
  • Ekologi sosial adalah cabang ekologi yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan lingkungan alam dan teknologi yang ada di sekelilingnya.
  • Ekologi antariksa adalah cabang ekologi yang mempelajari tentang ekosistem yang bisa menopang kehidupan manusia selama dalam penerbangan antariksa.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang bisa kami uraikan tentang pengertian ekologi, ruang lingkup, aspek, prinsip, manfaat, dan jenis ekologi. Semoga penjelasan yang kami uraikan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.

Baca juga artikel tentang: Pengertian Piramida ekologi