--> Skip to main content
Menu

Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware

Pengertian hardware - Hardware sering disebut sebagai perangkat komputer, hal itu karena di dalam komputer terdapat hardware dan software. Nah yang akan kami bahas dalam pembahasan ini yaitu tentang seperti apakah hardware itu, sedangkan untuk software akan kami bahas di lain waktu. Bagi kamu yang sudah tahu tentang komputer dan laptop tentunya sudah mengerti tentang apa itu hardware dan contohnya pun sudah bisa kamu lihat secara langsung. Namun bagi kamu yang masih awam pastinya belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan hardware. Untuk itulah bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud hardware, kamu bisa menyimak penjelasan tantang arti dari hardware di sini. Untuk menambah pengetahuan, selain membahas tentang definisi hardware, di sini juga kami sertakan penjelasan tentang pengertian hardware menurut para ahli, fungsi hardware secara umum, jenis jenis hardware berdasarkan fungsinya, dan contoh hardware pada komputer.

Pengertian Hardware

Pengertian Hardware Secara Umum

Definisi hardware secara umum adalah perangkat keras pada komputer, merupakan suatu komponen dari sebuah komputer yang berbentuk nyata, bisa dilihat, diraba oleh manusia. Fungsi dari Hardware yaitu untuk mendukung komputerisasi. Semua bagian fisik pada komputer disebut hardware seperti Monitor, CPU, RAM, ROM, Processor dan lain-lain. hardware bekerja berdasarkan perintah yang telah di atur dengan perintah/intruksi dari software yang dimengerti hardware. Jadi antara hardware dan software saling berkaitan. Antara hardware (perangkat keras) dan sortware (perangakat lunak) batasannya akan sedikit buram jika berbicara mengenai firmware. Firmware adalah suatu software yang dibuat ke dalam hardware.

Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

Pengertian hardware komputer menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Pengertian hardware menurut Joko Untoro, bahwa hardware ialah perangkat fisik yang berupa komputer beserta segala instrumen yang mendukungnya.
  • Pengertian hardware menurut Ali Zaki, hardware yaitu bagian fisik dari komputer, termasuk juga sirkuit digital pada perangkat komputer.
  • Pengertian hardware menurut Sunarto S. Kom, bahwa pengertian hardware ialah perangkat pendukung  Electronik data processing system (EDPS) yang bisa di sentuh serta dirasakan.
  • Pengertian hardware menurut Raya Fahreza, hardware adalah bagian komputer yang bekerja sesuai instruksi dari software.
  • Pengertian hardware menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto, hardware adalah sebuah komponen komputer yang bisa dirasakan secara fisik yakni bisa diraba dan dilihat (kasat mata).
  • Pengertian hardware menurut James O’Brien, bahwa hardware adalah seluruh peralatan fisik yang digunakan untuk pemrosesan informasi, termasuk diantaranya yaitu mouse, keyboard, CPU, RAM, monitor, scanner, printer dan yang lainnya. Hardware merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga membuat transmisi data menjadi lebih efektif.
  • Pengertian hardware menurut Rainer yaitu sebuah perangkat dalam komputer dalam bentuk fisik seperti keyboard, processor, monitor dan printer. Fungsi hardware yaitu untuk menerima data atau informasi, kemudian memprosesnya dan menampilkannya sebagai informasi mentah mejadi informasi baru yang berguna.

Fungsi Hardware Secara Umum

Apa fungsi hardware komputer? Fungsi hardware adalah sebagai berikut ini:

1. Untuk menerima input

Hardware tertentu mempunyai fungsi khusus yaitu untuk menerima input yang dilakukan user. Nantinya inputan tersebut akan diproses menjadi informasi tertentu.

2. Untuk mengolah data atau informasi

Sesudah menerima masukan atau inputan, beberapa hardware mempunyai fungsi untuk memproses atau mengolah inputan mejadi informasi baru.

3. Untuk memberikan Output

Sesudah diproses, hardware tertentu akan memberikan keluaran atau output kepada user. Setiap keluaran/ output yang dilihat user akan ditampilkan lewat hardware khusus.

4. Untuk menyimpan data atau informasi

Output yang dihasilkan komputer bisa disimpan pada perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware yang berfungsi untuk menyimpan data tidak hanya terpasang pada komputer saja, akan tetapi ada juga yang terpasang di luar.

Jenis jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya

Sebutkan jenis jenis hardware berdasarkan fungsinya. Macam-macam hardware berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut ini.

1. Perangkat Masukan (Input Device)

Perangkat masukan atau input device adalah perangakat keras (hardware) yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi ke sebuah komputer. Data atau informasi yang dimasukan bisa berupa teks, gambar, audio maupun video. Contoh dari input device adalah mouse, keyboard, webcam, microphone dan lain-lain.

2. Perangkat Pemrosesan (Process Device)

Process device (unit pemrosesan) adalah perangkat komputer yang fungsinya untuk memproses atau mengolah berbagai macam data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Process device bisa disebut sebagai otak komputer, hal itu karena bisa memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Yang termasuk dalam process device adalah Central Processing Unit (CPU), Video Graphics Adapter (VGA), Random Access Memory (RAM), Power Supply dan lain-lain.

3. Perangkat Keluaran (Output Device)

Perangkat keluaran atau output device adalah perangkat dalam komputer yang fungsinya untuk menampung serta menghasilkan data-data di dalam komputer yang selanjutnya dikeluarkan lewat perangkat lainnya yang terhubung dengan komputer. Misalkan data atau informasi yang dikeluarkan berbentuk teks, gambar, audio dan video. Perangkat yang merupakan output device adalah monitor komputer, printer, proyektor dan lain-lain.

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Unit)

Perangakat penyimpanan atau storage unit adalah hardware yang bisa menyimpan data dan informasi, baik baik itu perangkat di dalam maupun di luar komputer (hardisk eksternal). Contoh storage unit yaitu hardisk yang fungsinya sebagai alat untuk menyimpan data di dalam komputer.

5. Perangakt Tambahan (Periferal)

Perangkat tambahan atau periferal adalah sebuah hardware yang fungsinya untuk membantu komputer dalam menjalankan perintah dari penggunanya. Contoh periferal komputer yaitu modem yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

Contoh Hardware Pada Komputer

Contoh hardware dalam komputer adalah sebagai berikut ini:

Contoh Hardware Input Device

  • Mouse, berfungsi untuk menggerakkan kursor yang ada pada layar komputer dan memudahkan dalam memilih menu yang terdapat pada komputer.
  • Keyboard, berfungsi untuk membantu pengguna memasukan huruf, angka, dan simbol ke dalam komputer. Keyboard bentuknya seperti papan dengan terdapat berbagai tombol huruf, angka dan simbol.
  • Scanner, berfungsi untuk mengubah dokumen yang semula hard copy menjadi soft copy. Hardware ini sangat penting sekali karena dapat mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah terdapat stempel dan tandatangan.

Contoh Hardware Process Device

  • CPU, merupakan otak komputer yang berfungsi untuk mengontrol seluruh proses kerja pada komputer, mulai dari instruksi, pengolahan, sampai menghasilkan output.
  • RAM (Random Acces Memory), merupakan hardware yang sangat menentukan kecepatan akses komputer.
  • VGA (Video Graphics Adapter), berfungsi untuk mengolah atau memproses data grafis, kemudian hasil prosesnya ditampilkan di layar monitor komputer.

Contoh Hardware Output Device

  • Monitor, berfungsi untuk menampilkan berbagai macam data yang diproses di dalam komputer.
  • Printer, berfungsi untuk mencetak berbagai macam dokumen yang dibutuhkan.
  • Proyektor LCD, berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar Proyektor LCD.

Contoh Hardware Storage Device

  • Harddisk, berfungsi untuk menyimpan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar.
  • Flashdisk, berfungsi untuk menyimpan data atau informasi dari komputer dan mempunyai konektor USB untuk dapat menghubungkannya ke komputer maupun media yang lain. Flashdisk biasanya digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain.
  • Optical Disk, berfungsi untuk menyimpan data yang bisa ditulis atau dibaca oleh cahaya laser. Contoh Optical Disk yaitu CD (Compact Disk) dan DVD (Digital Versatile Disk).

Contoh Hardware Peripheral

  • Modem berfungsi sebagai sebuah alat komunikasi yang bisa mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, begitupun sebaliknya. Dengan modem maka bisa memungkinkan sebuah komputer terhubung ke jaringan internet.

Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian hardware, semoga apa yang saya sampaikan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.