--> Skip to main content
Menu

Pengertian Fungsi dan Contoh Browser

Pengertian fungsi dan contoh browser – Tahukah kamu dengan apa yang dimaksud dengan browser? Kata browser tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena di era searang ini setiap pengguna smartphone, di dalamnya terinstall sebuah aplikasi browser. Tentunya kita sebagai pengguna smartphone sering menggunakan yang namanya browser, lalu apa itu browser? Bisakah kamu menjelaskan definisi browser? Nah bagi kamu yang belum tahu definisi dari apa yang dimaksud dengan browser, maka di sini kamu bisa memahami tentang pengertian browser. Di sini juga terlampir beberapa penjelasan tentang pengertian browser menurut para ahli, beserta fungsi browser dan juga contoh browser. Simaklah penjelasan pengertian fungsi dan contoh web browser sebagai berikut.

Pengertian Fungsi dan Contoh Browser

Pengertian Browser

Pengertian browser adalah menjelajah dengan mengikuti link di halaman web. Browser adalah software/aplikasi/perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses/ menampilkan halaman web. Lebih jelasnya Web browser adalah aplikasi perangkat lunak digunakan untuk mencari, mengambil dan juga menampilkan informasi di World Wide Web, termasuk halaman Web, gambar, video dan file lainnya. Browser juga mempunyai kemampuan dalam menampilkan kode semantik atau bahasa pemrograman halaman website seprti HTML, Java Script, CSS dan lain-lain menjadi halaman yang mudah dimengerti semua orang.

Pengertian Browser Menurut Para Ahli

Pengertian browser menurut para ahli dalam bukunya adalah sebagai berikut:

  • Pengertian Browser menurut Lia Kuswayanto dkk, bahwa browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuka halaman website dengan cara memasukkan alamat situs tersebut di kotak address.
  • Pengertian Browser menurut Gustaf Pahala Frans, bahwa browser yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan internet, terutama sebagai media dala melakukan browsing, surfing serta melakukan berbagai aktivitas lain di dunia maya.

Fungsi browser

Fungsi browser adalah sebagai berikut:

1. Untuk membuka Website

Fungsi ini merupakan fungsi yang paling umum digunakan pengguna internet yaitu browser digunakan untuk mengarahkan atau membuka alamat website yang ingin dituju. Dengan menggunakan browser, pengguna internet dapat menuju alamat di mana dia ingin mengakses data secara langsung. Lain halnya dengan penggunaan search engine di mana dia hanya akan menemukan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci yang diketikkan.

2. Untuk mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

Selain bisa memberikan akses pada website yang ingin dituju secara langsung, browser juga dapat berfungsi dalam mengumpulkan semua data pada sebuah website termasuk efek dari tampilan yang terdapat di dalamnya. Sehingga halaman web dapat ditampilkan secara baik dan lebih maksimal. Tidak hanya dapat menampilkan teks, browser juga dapat menampilkan foto, video, serta audio dalam halaman web tersebut.

3. Untuk mendukung permintaan data

Browser dapat mendukung permintaan data yang diperlukan atau yang dikenal dengan istilah Requesting Supporting Data. Hampir semua alamat web yang bertebaran di internet bisa diakses dengan browser dan data yang terdapat di dalamnya yang berupa foto atau media lain, bisa disimpan di dalam dokumen komputer secara langsung.

4. Untuk keamanan sebuah web

Biasanya dalam sebuah browser terdapat proses authentication atau yang dikenal sebagai proses verifikasi pada sebuah website untuk memastikan kalau website tersebut tidak berbahaya bagi perangkat apabila dibuka/ dikunjungi. Misalnya yaitu untuk menghindari gadget atau perangkat komputer dari virus yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat tersebut.

5. Untuk mendukung penggunaan search engine

Browser juga berfungsi sebagai pendukung dalam penggunaan mesin pencari (search engine). Di mana secara umumnya search engine merupakan bagian dari browser sehingga para pengguna internet dapat mencari data secara mudah dan cepat tanpa harus mengetik alamat pada addres bar sebuah browser.

Contoh Browser

Terdapat berbagai macam browser yang dapat digunakan oleh pengguna internet. Beberapa contoh browser adalah sebagai berikut.

1. Google Chrome

Google Chrome adalah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh perusahaan Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya chrome dinamakan dengan Chromium.

2. Mozilla Firefox

Browser Mozilla Firefox mulanya bernama Phoenix, kemudian sekarang ini dikenal dengan nama Mozilla Firebird. Mozilla Firefox adalah penjelajah web antar –platform free (gratis) yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

3. Internet Explorer

Internet Explorer atau yang dikenal dengan disingkat IE atau MSIE adalah browser web proprieter yang secara gratis dari Microsoft.

4. Safari

Safari adalah penjelajah web yang dibuat oleh Apple Inc, yang pada mulanya ditujukan secara khusus untuk sistem operasi Mac OS. Safari juga dibundel bersama dengan Mac OS X dan termasuk penjelajah web default pada sistem operasi tersebut sejak versi Mac OS v10.3.

5. Opera

Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak internet lintas platform. Opera sendiri terdiri dari berbagai kumpulan perangkat lunak untuk internet misalnya untuk penjelajahan web, dan perangkat untuk membaca serta mengirim surat elektronik.

6. Flock

Flock adalah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan Web 2.0 lain di bagian tampilan antarmukanya. Browser Flock dibuat dengan codebase Mozilla’s Firefox pada 16 juni tahun 2008. Kemudian Flock 2 yang basisnya menggunakan Mozilla Firefox 3, diluncurkan dengan status yang open beta.

7. Maxton

Maxton adalah sebuah browser yang menggunakan engine yang dimiliki oleh IE, Trindent dan 100% kompatible dengan IE, ditambah dengan fitur-fitur yang tidak dimiliki IE.

8. Avant Browser

Avant browser adalah browser yang user-friendly, cepat, stabil dan merupakan multiwindows browser. Engine yang digunakan pada browser ini adalah engine IE. Namun Avant Browser mempunyai perbedaan dengan IE.

9. PhaseOut

PhaseOut adalah internet browser yang dapat memungkinkan beberapa pencarian dengan mesin pencari utama hanya dengan satu klik saja.

10. Deepnet Explorer

Deepnet Explorer adalah penjelajah web yang mendukung fitur tab browsing untuk multiple halaman.

Demikian penjelasan singkat yang bisa kami uraikan tentang pengertian fungsi dan contoh browser. Semoga apa yang kami tulis dalam artikel di atas pada blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan yang kita miliki.