--> Skip to main content
Menu

Pengertian Renang Gaya Bebas (Craw), Teknik & Kesalahannya

Pengertian Renang gaya bebas (craw) – Dalam sebuah perlombaan renang, seoang atlet dituntut untk berenang dengan kecepatan maksimal untuk menyelesaikan jarak lintasan renang dengan gaya renang tertentu. Siapa alet yang mampu menyelesaikan dengan catatan waktu tercepat dialah yang menjadi pemenangnya. Untuk memperoleh kecepatan yang maksimal, maka seorang atlet perenang dituntut untuk menguasai gaya renang yang diperlombakan sebaik mungkin. Gaya renang ada bermacam-macam diantaranya yaitu renang gaya bebas, renang gaya punggung, renang gaya kupu-kupu, dan renang gaya dada. Dalam pembahasan kali inilah kami akan membahas tentang pengertian renang gaya bebas. Untuk renang gaya yang lain kami bahas dalam artikel yang berbeda. Tahukah kamu apa itu renang gaya bebas? Munkin diantara kamu ada yang belum tahu apa yang dimaksud renang gaya bebas, mungkin juga ada yang sudah tahu. Untuk itulah dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan definisi renang gaya bebas. Dalam pembahasan ini selain menjelaskan tentang arti renang gaya bebas juga akan kami jelaskan tentang teknik renang gaya bebas.

Pengertian Renang gaya bebas

Pengertian Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas (craw) adalah gaya renang yang dapat membuat tubuh seseorang melaju lebih cepat di air, dibandingkan gaya berenang lainnya. Tidak seperti gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu, FINA sebagai federasi renang internasional, tidak mengatur teknik yang digunakan dalam renang gaya bebas. Kombinasi yang tepat antara gerakan kaki, gerakan tangan dan pengambilan napas yang tepat dalam berenang gaya bebas membuat perenang meluncur cepat di dalam air.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Beberapa teknik dasar renang gaya bebas harus dikuasai supaya kita bisa melakukan gerakan renang gaya bebas secara baik dan benar. Berikut ini adalah cara melakukan teknik dasar renang gaya bebas:

1. Gerakan Meluncur

Agar bisa melakukan gerakan mmeluncur secara baik, maka bentuk latihan yang perlu dilakukan diantaranya yaitu sebagai berikkut.

  • Beridiri di kolam yang kedalamannya setinggi dada
  • Badan dibungkukkan ke depan sehingga posisi wajah berada di dalam air, lengan lurus ke depan. Kaki kanan ditekuk dan telapaknya ditempelkan ke dinding kolam.
  • Setelah itu doronglah kaki dengan kuat sehingga bisa muluncur ke depan dengan posisi kedua tangan, badan serta kedua kaki lurus sejajar di atas permukaan air.
  • Pertahankan posisi meluncur sampai tangan menyentuh dinding kolam.
  • Latihan seperti ini silahkan lakukan berulang kali.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Gerakan Lengan

Dalam renang gaya bebas gerakan tangan dilakukan secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri. Gerakan tangan akan mendorong ke depan menerobos air. Cara untuk melakukan latihan gerakan tangan yaitu sebagai berikut ini:

  • Berdiri di dalam kolam yang setinggi dada/ pinggang.
  • Badan dibungkukkan, kedua tangan lurus ke depan.
  • Tangan kanan digerakkan ke bawah disertai dengan dorongan ke belakang serta ditarik kembali ke atas dengan menekuk siku sampai tangan kanan kembali pada posisi semula yaitu lurus ke depan. Ketika tangan kanan digerakkan posisi tangan kiri tetap lurus ke depan.
  • Sesudah tangan kanan kembali pada posisi semula lanjutkan dengan tangan kiri yang digerakkan dengan cara yang sama seperti pada saat menggerakkan tangan kanan tadi.
  • Lakukan gerakan seperti ini secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Gerakan Kaki

Dalam renang gaya bebas gerakan kaki juga perlu untuk dilatih. Gerakan kakinya yaitu naik turun. Ketika digerakkan posisi kaki harus lurus. Gerakan kaki digerakkan oleh pangkal paha. Latihan gerakan kaki bisa dilakukan dengan cara berpegangan pada besi atau ring pada kolam renang. Berikut ini adalah cara melakukannya:

  • Posisi badan menghadap ke dinding kolam, peganglah besi atau ring dengan kedua tangan.
  • Badan diangkat ke atas sahingga seluruh tubuh bisa sejajar dengan permukaan air.
  • Setelah itu kedua kaki digerakkan ke atas dan ke bawah secara bergantian dengan pusat gerakan pada pangkal paha.
  • Lakukanlah latihan ini secara terus menerus dan perlahan-lahan. Apabila sudah lancar, kamu bisa meningkatkan latihan gerakan kaki ini sebelum meluncur. Kamu bisa menggunakan papan peluncur untuk bantuan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

4. Cara Bernafas dalam Renang Gaya Bebas

Diantara 4 gaya renang yaitu (gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebas dan gaya dada) yang tersulit cara pernafasannya yaitu renang gaya bebas. Pada renang gaya kupu-kupu dan gaya dada, peranafasannya dapat dilakukan dengan mudah sebab ada saat dimana kepala kita spenuhnya berada di atas permukaan air. Untuk pernapasan pada renang gaya punggung juga tidak sulit sebab kepala serta tubuh kita terlentang menghadap ke atas. Adapun dalam renang gaya bebas, kepala kita tidak diperbolehkan sepenuhnya menyembul dari permukaan air. Hal inilah yang membuat cara pernapasan dalam renang gaya bebas terasa lebih sulit dibanding dengan gaya renang yang lainnya.

Menghirup atau mengambil nafas dalam renang gaya bebas kita lakukan sejak 2/3 kayuhan tangan dan kita akhiri ketika tangan kita kembali masuk ke dalam air. Sebagai contoh mengambil nafa ke sisi kiri. Ketika kayuhan tangan kiri kita sejajar dengan dada, maka akan timbul gaya angkat pada sisi kiri tubuh kita. Akibatnya, tubuh pun akan miring menghadap ke sisi kiri. Ketika itulah kita mulai untuk mengambil nafas. Kemiringan tubuh dengan sendirinya dapat membantu wajah kita untuk dapat menyebul ke atas permukaan air secara mudah.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kesalahan dalam Renang Gaya Bebas

Dibandingkan dengan gaya-gaya renang yang lain, renang gaya bebas adalah gaya renang yang paling cepat. Karena itulah sangat penting untuk setiap perenang menguasai gaya bebas dengan baik. Kesalahan yang sering terjadi dalam renang gaya bebas yaitu wajah berada di atas air. Apabila kamu melakukan hal tersebut, maka bagian bawah badanmu akan cenderung turun ke bawah sehingga dapat membuat tahanan air menjadi membesar. Akibatnya kecepatanmu akan menjadi berkurang. Untuk mengatasi masalah itu, benamkanlah wajahmu ke dalam air, dengan wajah yang menghadap tegak lurus ke dasar kolam.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan tentang pengertian renang gaya bebas. Semoga artikel yang ada dalam blog temukan pengertian ini bisa dipahami dengan baik.