--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

Pengertian Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia – Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia adalah/ Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia yaitu/ Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia merupakan/ yang dimaksud Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia/ arti Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia/ definisi Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

yang dimaksud Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia artinya Pancasila dijadikan sebagai cita-cita dan tujuan yang hendak dicapai bangsa Indonesia, yaitu suatu masyarakat ang Pancasilais. Dasar negara Pancasila yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 memuat cita-cita (Pembukaan UUD 1945 alenia II) dan tujuan nasional (Pembukaan UUD 1945 alenia IV) bangsa Indonesia. Cita-cita bangsa Indonesia adalah rakyat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, sedangkan tujuan bangsa Indonesia, sebagai berikut.

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Demikianlah apa yang dimaksud Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia, semoga apa yang saya jelaskan di atas dapat bermanfaat.