--> Skip to main content
Menu

Pengertian Seni, Fungsi Seni dan Macam-Macam Seni

Pengertian Seni - Arti seni itu sangat luas dalam ruang lingkup tertentu serta bermacam-macam jenisnya. Macam-macam seni diantaranya yaitu seni rupa, seni teater, seni musik, seni tari, dan seni sastra. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan yaitu apa itu seni? Tahukah kamu apa yang dimaksud seni? Bagi yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan seni. Maka di sini kami akan menjelaskan definisi seni atau arti seni. Dalam penjelasan ini nantinya tidak hanya menjelaskan tentang pengertian seni secara umum saja tetapi juga pengertian seni menurut para ahli, fungsi seni, dan macam-macam seni beserta penjelasannya. Langsung saja berikut ini penjelasannya silahkan di simak dan dipahami.

Pengertian Seni

Pengertian Seni

Seni dapat diartikan sebagai suatu usaha mencapai hasil yang diinginkan dengan jalan menggunakan kepandaian. Jadi seni merupakan tindakan untuk menerapkan ilmu yang kita miliki ataupun keahlian yang ada dari kecil (bakat).

Pengertian Seni Secara Umum

Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang di dalamnya mengandung keindahan dan mampu membangkitkan perasaan dirinya sendiri dan orang lain. Istilah seni itu berasal dari kata sani (bahasa sansekerta) yang artinya persembahan, pemujaan dan pelayanan yang erat kaitannya dengan upacara keagamaan yang disebut dengan kesenian. Menurut Padmapusphita, bahwa seni itu berasal dari bahasa belanda genie yang dalam bahasa latin disebut genius artinya yaitu kemampuan luar baisa yang dibawa sejak lahir. Kemudaian menurut Ilmu Eropa, seni itu berasal dari kata art yang artinya artivisual yakni sebuah media yang melakukan suatu kegiatan tertentu. Semakin berkembangnya zaman, dari banyak arti serni membuat para ahli mengemukakan pendapatnya tentang definisi seni. Untuk pengertian seni menurut para ahli silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Semakin berkembangnya zaman membuat para ahli banyak yang mengemukakan pendapatnya tentang definisi seni. Berikut ini adalah beberapa pengertian seni menurut para ahli:

  • Pengertian Seni menurut Sudarmaj, seni yaitu segala manifestasi batin serta pengalaman estatis yang menggunakan media bidang, grafis, tekstur, warna, gelap terang serta volume.
  • Pengertian Seni menurut Aristoteles, seni adalah bentuk yang penampilannya dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan serta seni itu ialah meniru alam.
  • Pengertian seni menurut Ki hajar Dewantara, seni yaitu hasil keindahan shingga bisa menggerakkan perasaan indah orang yang menyaksikannya, oleh sebab itu perbuatan manusia yang bisa mempengaruhi bisa menimbulkan perasaan indah itulah seni.
  • Pengertian Seni menurut Alexander Baum Garton, seni adalah keindahan serta seni merupakan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasakan kebahagiaan.
  • Pengertian seni menurut Hilary Bel, seni ialah istilah yang dipakai dalam semua karya yang bisa mengubah hati untuk mencari tahu siapa yang menciptakannya.
  • Pengertian seni menurut Immanuel Kant, seni adalah suatu impian karena rumus-rumus tidak bisa mengihtiarkan kenyataan.
  • Pengertian seni menurut James Murko, seni yaitu penjelasan tentang rasa indah yang terkandung di dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan melalui perantara alat komunikasi ke dalam bentuk yang bisa ditangkap oleh indra penglihatan (seni lukis), indra pendengaran (seni suara), ataupun dilahirkan melalui perantara gerakan seperti (seni drama dan seni tari).
  • Pengertian seni menurut Leo Tolstoy, seni merupakan ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan ke orang lain supaya mereka bisa merasakan apa yang dtelah iarasakan oleh pelukis.
  • Pengertian seni menurut Popo Iskandar, seni yaitu suatu hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan ke orang lain dalam kesadaran hidup berkelompok/ bermasyarakat.
  • Pengertian seni menurut Eric Aryanto, seni ialah aktivitas batin atau kegiatan rohani yang direfleksikan ke dalam bentuk karya yang bisa membangkitkan perasaan orang lain yang mendengarkan maupun yang melihatnya.

Fungsi Seni

Terdapat fungsi 2 macam fungsi seni yaitu fungsi individu dan fungsi sosial, berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi seni tersebut.

1. Fungsi Individu

Fungsi individu yaitu suatu fugnsi seni yang manfaatnya untuk kebutuhan individu/ pribadi itu sendiri. Fungsi seni untuk individu itu ada 2 macam yaitu sebagai berikut ini:

- Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik

Manusia pada hakekatnya merupakan makhluk homofaber yang mempunyai kecakapan untuk apresiasi pada keindahan serta penggunaan benda-benda. Seni terapan merupakan seni yang mengacu pada pemuasan kebutuhan fisik sehingga dari segi kenyamanan menjadi sebuah hal yang penting.

- Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional

Seseorang memiliki sifat yang beragam dan tidak sama dengan manusia lain. Pengalaman hidup diri seseorang itu sangatlah mempengaruhi perasaan dan emosionalnya. Misalnya perasaan gembira, sedih, letih, iba lelah, cinta, benci, kasihan dan lain-lain. Semua itu bisa dirasakan oleh manusia karena adanya dorongan emosional dalam dirinya.Untuk bisa memenuhi kebutuhan emosional, manusia membutuhkan dorongan dari luar dirinya yang bersifat memuaskan, menyenangkan kebutuhan batinnya. Contohnya seseorang yang dalam aktivitas atau kegiatan sehari-harinya mengalami kelelahan maka dia memerlukan rekreasi untuk menyenangkan dirinya dengan menonton musik, film di bioskop, atau hal lain yang menurutnya menyenangkan. Seseorang dengan memiliki estetika yang lebih banyak maka dia mempunyai kepuasan yang lebih banyak juga. Sedangkan seorang seniman yaitu orang yang dapat mengapresiasikan pengalaman serta perasaannya dalam suatu karya seni yang ia ciptakan. Hal tersebut juga diyakininya sebagai bentuk sarana untuk memuaskan kebutuhan emosionalnya.

2. Fungsi Sosial

Fungsi sosial yaitu sebuah fugnsi seni yang bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan sosial. Ada bermacam-macam fungsi seni sosial, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

- Fungsi Pendidikan

Seni digunakan sebagai sarana pendidikan bisa dilihat dalam bentuk musik. Misalnya ansambel karena dilakukan secara bersama-sama seperti halnya gamelan dan angklung yang mempunyai nilai pendidikan sebab kesenian tersebut terdapat nilai disiplin, kerjasama dan sosial. Selain itu karya seni untuk pendidikan atau pelajaran yaitu poster, gambar ilustrasi buku pelajaran, film dokumentar/ ilmia serta alat peraga IPA.

- Fungsi keagamaan/ religi

Karya seni yang berfungsi mengandung pesan keagamaan atau religi yaitu kaligrafi, lagu-lagu rohani, busana muslim dan muslimah. Selain itu seni yang digunakan pada saat acara kelahiran, pernikahan, kematian dan yang lainnya. Misalnya dalam upacara ngeben di bali menggunakan gamelan.

- Fungsi Hiburan/ Rekreasi

Fungsi utama seni yaitu untuk hiburan/ rekreasi yang bertujuan menghilangkan rasa kejenuhan serta mengurangi kesedihan yang khusus untuk pertunjukan hiburan atau berekspresi.

- Fungsi Komunikasi

Seni berfungsi sebagai sarana komunikasi misalnya yaitu untuk kritik sosial, gagasan, kebijakan untuk memperkenalkan kepada masyarakat. Contoh seni yang berfungsi sebagai komunikasi yaitu seni teater, seni wayang kulit, seni wayang orang, seni drama komedi, reklame dan poster.

- Fungsi Guna

Karya seni yang dalam proses penciptaan mempertimbangkan segi kegunaannnya, yaitu seperti peralatan/ perlengkapan rumah tangga yang bahannya terbuat dari rotan atau gerabah.

- Fungsi Artistik

Seni berfungsi sebagai sarana ekspresi seniman dengan cara menyajikan suatu karya tidak untuk hal yang bertujuan komersil, seprti seni rupa kontemporer,seni tari kontemporer, dan seni musik kontemporer. (seni pertunjukan yang tidak dapat dinikmati oleh pengunjung/ pendengar, yang hanya dapat dinikmati oleh para seniman serta komunitasnya saja.

- Fungsi Kesehatan

Senig sebagai kesehatan yaitu digunakan sebagai media dalam pengobatan. Misalnya dalam pengobatan gangguan physic ataupun medis dengan terapi musik yang disesuaikan dnegna latar belakang pasien. Seni musik telah terbukti dapat menyembuhkan beberapa penyandang autisme, gangguan psikologis trauma dari suatu kejadian. Musik juga dipercaya dapat digunakan untuk menenangkan serta merangsang sistem limbic jaringan neuron otak selain itu musik juga bisa digunakan untuk mempertajam pikiran.

Macam-Macam Seni

Terdapat beberapa macam seni, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Seni rupa adalah seni yang mempunyai wujud pasti serta memanfaatkan unsur rupa yang diklasifikasikan ke dalam bentuk gambar, grafis, lukis, kerajinan tangan, grafis, kriya serta multimedia.
  • Seni musik adalah seni dalam bentuk bunyi. Unsur yang terdapat dalam seni musik yaitu bunyi, harmoni, notasi dan melodi. Seni merupakan hasil ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi ritme dan harmoni yang indah di dengar.
  • Seni sastra adalah kreasi yang dinikmati dari segi visual dan makna yang terkandung. Seni sastra merupakan seni yang menggambarkan keindahan dalam bentuk kata-kata, baik itu secara tertulis maupun seara lisan.
  • Seni tari adalah seni dengan menggunakan gerak tubuh sebagai suatu bentuk keindahan. Gerakan dalam seni tari berfungsi sebagai sarana mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreografer.
  • Seni teater adalah seni dalam bentuk memahami serta membuat naskah, kemampuan memahami berperan pada bidang casting, kemampuan memahami dan membuat tata teknik atau setting pentas panggung serta penciptaan suasana tambahan dalam membidangi seni teater.

Itulah sedikit penjelasan dari saya tentang pengertian seni, sekarang sudah tahu kan yang dimaksud seni itu seperti apa. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat.