--> Skip to main content
Menu

Pengertian Entrepreneur dan Cirinya serta Kelebihannya

Pengertian entrepreneur dan cirinya - Belakangan ini banyak orang yang salah presepsi antara pengertian pedagang dan pengertian entrepreneur. Dalam berdagang itu ada barang diberi margin kemudian dijual, sedangkan dalam entrepreneur pasti ada aktifitas berdagang (jual beli). Lalu apa itu entrepreneur? Seperti apakah entrepreneur itu? Nah dalam postingan kali ini kami akan mengulas tentang arti dari entrepreneur tersebut. Di sini selain membahas definisi entrepreneur secara umum juga kami bahas pengertian entrepreneur menurut para ahli. Selain itu agar lebih memahami tentang apa yang dimaksud entrepreneur, di sini juga kami sertakan ciri ciri entrepreneur beserta kelebihan menjadi seorang entrepreneur.

Pengertian Entrepreneur dan Cirinya

Pengertian Entrepreneur

Pengertian entrepreneur adalah seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, ide-ide baru dan aturan baru. Atau arti entrepreneur adalah seeorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya.

Dapat pula diartikan bahwa pengertian dari entrepreneur adalah seorang pengusaha atau orang yang melakukan kegiatan wirausaha, di mana orang tersebut biasanya mempunyai bakat untuk mengenali produk-produk baru, menentukan cara produksi yang baru, dapat membuat standar operasional, mampu memasarkan produk dan dapat mengatur modal untuk kegiatan operasional.

Untuk dapat menjadi seorang entrepreneur, maka seseorang harus mempunyai suatu kemampuan berfikir yang kreatif dan imajinatif ketika melihat peluang usaha. Seorang entrepreneur juga mempunyai kemampuan mengubah barang biasa menjadi barang yang luar biasa. Produk-produknya akan selalu diingat para customernya dan dirinya mempunyai manajemen bisnis yang sangat baik dan rapi. Selain itu biasanya seorang entrepreneur bisa memberikan manfaat kepada banyak orang di sekitarnya melalui usaha yang didirikannya. Tentunya untuk bisa seperti itu melalui proses yang panjang, selain itu juga selalu update dengan perkembangan jaman dan selalu belajar.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Adapun beberapa definisi entrepreneur menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Entrepreneur Menurut Richard Cantillon

Bahwa Entrepreneur adalah seseorang yang dapat mengkonversikan atau memindahkan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas yang rendah ke tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Pengertian Entrepreneur Menurut KBBI

Pengertian entrepreneur adalah orang pandai (berbakat) dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk melakukan pengadaan produk baru, memasarkan produknya, dan mengatur permodalan untuk operasinya.

Pengertian Entrepreneur Menurut Savary

Entrepreneur yaitu orang yang membeli suatu barang dengan harga pasti walaupun orang tersebut belum mengetahui berapa nilai guna ekonomisnya ketika dijualnya.

Pengertian Entrepreneur Menurut Prof Dr Suparman Sumahamijaya

Entrepreneur adalah sebuah kemampuan (ability) dalam berfikir secara kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan sebagai dasar, sumber daya, siasat kiat, tenaga penggerak tujuan, dan proses dalam menghadapi segala tantangan hidup.

Ciri ciri Entrepreneur

Terdapat beberapa ciri ciri entrepreneur yang sukses yang sering muncul. Adapun ciri-ciri entrepreneur yang sering muncul adalah sebagai berikut ini:

1. Mempunyai Mindset Positive

Mindset merupakan hal yang penting karena dapat mempengaruhi perkembangan bisnis yang kita jalani. Menjadi seorang entrepreneur tidak hanya sekedar berhubungan dengan hal-hal teknis seperti menghandle karyawan, produksi, klient, akan tetapi juga bagaimana kita dalam mengatur mindset.

2. Mempunyai Rancangan Bisnis

Seorang entrepreneur harus selalu mempunyai rancangan dalam bisnisnya. Dirinya akan membuat sebuah konsep, menetukan brandnya, visinya, melakukan analisa pasar, proyeksi kenaikan harga, dan melihat berbagai peluang yang lain yang mungkin dapat dikembangkan dalam produknya sehingga mempunyai ciri khas.

3. Pantang Menyerah

Seorang entrepreneur yang sejati tidak akan mudah menyerah pada satu keadaan. Tidak mudah menyerah di sini bukan berarti melakukan hal yang sama dengan kegagalan yang sama, akan tetapi dia selalu belajar untuk menemukan solusi agar masalah yang dihadapi bisa terselesaikan.

Kelebihan Menjadi Seorang Entrepreneur

Ada beberapa keuntungan atau manfaat menjadi seorang entrepreneur. Keuntungan menjadi seorang entrepreneur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai kesempatan untuk dapat mewujudkan cita-cita atau impiannya.
  • Mempunyai kesempatan untuk menciptakan suatu perubahan pada dirinya sendiri dan juga lingkungannya.
  • Untuk memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya.
  • Bisa mendapatkan keuntungan yang mengesankan baik itu dari sisi finansial maupun kualitas hidup.
  • Dapat memberikan manfaat atau kontribusi kepada masyarakat dan lingkungannya.
  • Dapat melakukan banyak hal yang disukainya dan dapat memanfaatkan hasil usahanya untuk hal-hal yang baik.

Baca juga artikel tentang: Pengertian Entrepreneurship Dalam Wirausaha

Itulah penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian entrepreneur dan cirinya beserta kelebihan menjadi seorang entrepreneur. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.